You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Dinas Gulkarmat Kenalkan Inovasi Pemadam Kebakaran di Jakarta Innovation Days 2024
....
photo Istimewa - Beritajakarta.id

Dinas Gulkarmat Kenalkan Inovasi Pemadam Kebakaran di JID Expo 2024

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta turut berpartisipasi dalam Jakarta Innovation Days (JID) Expo 2024 yang berlangsung di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, mulai 1 hingga 4 Oktober 2024.

"serta memberikan edukasi tentang bagaimana pencegahan dan penanggulangan kebakaran dilakukan, "

Dalam acara ini, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta memperkenalkan berbagai perlengkapan dan inovasi teknologi pemadam kebakaran kepada masyarakat luas.

Kepala Regu di Seksi Operasi Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, Fadilah mengatakan, booth Gulkarmat di JID Expo 2024 menampilkan alat-alat penting yang digunakan petugas dalam menjalankan tugas pemadaman maupun penyelamatan.

Planetarium Jakarta Ajak Pengunjung JID Expo Melihat Keindahan Astronomi

“Kami memperkenalkan CSSR atau Collapsed Structure Search and Rescue dan VAR atau Vehicle Accident Rescue yang digunakan dalam operasi pemadaman kebakaran dan penyelamatan. Alat-alat ini penting dalam situasi darurat," ujar Fadilah, Kamis (3/10).

Ia menyampaikan, salah satu inovasi unggulan yang dipamerkan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta adalah LUV 60, unit pemadam kebakaran canggih yang hanya ada satu di Indonesia dan dimiliki oleh DKI Jakarta.

Fadilah menjelaskan, keunggulan LUV 60 adalah kemampuannya untuk memadamkan api dengan daya semprot air mencapai 70 hingga 80 meter diserta fungsi pembuangan asap (smoke removal) beserta. Alat ini juga dikendalikan dengan remote control dengan radius 300 meter. Armada lainnya yang ditampilkan yakni, unit Smoke Removal berukuran besar yang dirancang khusus untuk membuang asap di lokasi kebakaran.

“Sehingga memudahkan petugas dalam mengatasi kebakaran di area yang sulit dijangkau, terutama ketika ada bahan berbahaya atau asap pekat,” kata Fadilah.

Pantauan Beritajakarta.id, booth Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menarik perhatian banyak pengunjung, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Petugas secara aktif mengajak pengunjung untuk datang dan mengenal lebih dekat alat-alat yang digunakan dalam pemadam kebakaran.

“Kami jelaskan kepada mereka tentang fungsi dan kegunaan setiap peralatan, serta memberikan edukasi tentang bagaimana pencegahan dan penanggulangan kebakaran dilakukan," ucap Fadilah.

Ia menambahkan, melalui partisipasi dalam JID Expo 2024, Gulkarmat berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tugas dan fungsi pemadam kebakaran. Selain itu, masyarakat dapat lebih siap dan sigap dalam menghadapi potensi kebakaran di lingkungan mereka.

“Kami ingin semua kalangan, baik dewasa maupun anak-anak, memahami tugas kami, bagaimana menggunakan peralatan pemadam kebakaran, serta pentingnya pencegahan kebakaran,” tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2379 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kebakaran Lapak Pengepul Barang Bekas di Pegadungan Berhasil Dipadamkan

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1131 personTP Moan Simanjuntak
  3. Arsip Satu Abad Sitor Situmorang Dipamerkan di PDS HB Jassin

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1101 personBudhi Firmansyah Surapati
  4. Jakarta Mengalami Deflasi pada September 2024

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1045 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. 16 Unit Armada Damkar Padamkan Kebakaran di Mal Citraland

    access_time04-10-2024 remove_red_eye985 personTP Moan Simanjuntak